Tips Membeli Mobil Bekas Manual/Matic Showroom/Individu

Mobil merupakan kebutuhan sekunder, dimana zaman sekarang mobil sudah menjadi kebutuhan khalayak banyak. Hampir semua orang memiliki mobil dengan berbagai macam tipe dan corak. Mulai dari class medium hingga premium. Dengan perkembangan tersebut, tentunya harga mobil menjadi daya fantastis tersendiri, dan patokan harga yang menawan pula.

Membeli mobil dengan kantong yang pas – pasan gimana, bisa ?. Kan mobil bekas belum tentu awet, mesin juga belum tentu baik, pernah buat kecelakaan, sering rewel, nyaman gak dan sebagainya mungkin menjadi momok untuk kalian membeli mobil bekas. Tips membeli mobil bekas ini bisa dipraktekkan saat kalian membeli mobil bekas di Showroom, terutama yang model zaman sekarang yaitu dengan pengaplikasian matic. Kemudahan perkembangan globalisasi membuat semua menjadi lebih mudah.

Ciri – ciri mobil bekas yang bagusdan tipsnya yang akan kita bahas adalah dengan pembelian di Showroom. Kan biasanya di Showroom banyak variasi dan pilihannnya. Biar gak salah pilih ikuti ciri dan tips membeli mobil sekon yang berkualitas , harga bersahabat.

Namun sebelum ke tips , ada baiknya kita kenali beberapa ciri mobil bekas yang bagus , yang pas dan di jamin gak mengecewakan. Dengan tips membeli mobil bekas, maka kalian bisa memilah mana yang pantas kalian beli. Berikut ciri – ciri mobil bagus yang recomend untuk dibeli.

tips membeli mobil bekas

Ciri – Ciri Mobil Bekas yang Masih Bagus

  • Kondisi Body mobil harus bebas dari lecet dan Penyok

Memiliki body mobil yang masih bagus, biasanya menjadi recomended pertama kali. Mobil bekas yang  masih bagus akan terlihat kinclong dan mengkilap pada bodynya. Jika body mobil tersebut penyok dan lecet, kemungkinan besar mobil tersebut bekas tabrakan. Perhatikan cat mobil, jika cat mobil belang , kemungkinan mobil penyok dan ditutup oleh pemiliknya.

  • Fitur – fitur mobil yang masih berfungsi

Pada bagaian eksterior , ini perlu kalian cermati. Sebab jika mobil masih dalam kondisi bagus dan layak di second kan pun layak diperjual belikan

  • Jarak Tempuh mobil normal

Kondisi mobil bekas yang layak untuk dibeli adalah ketika jarah tempuh kendaraan masih dalam keadaan normal. Jarak tempuh biasannya 16.000 – 20.000 km setiap tahunnya.jika lebih ataupun kurang, akan menimbulkan kecelakaan di kemudian haru. Jika tidak di cek terlebih dahulu.

tips membeli mobil bekas manual matic showroom perorangan tips membeli mobil bekas manual matic showroom perorangan

  • Kondisi mesin mobil masih bersih

Kondisi kebersihan pada mesin dapat mempengaruhi permasalahan pada mesin. Mobil bekas yang bagus , memiliki mesin yang bersih. Hal ini dapat menjadi gambarannya bahwa pemilik mencarinya.y

  • Kondisi oli masih bersih dan penuh

Oli menjadi indikasi kendaran untuk ber jalan, dan itu juga menjadi faktor bahwa kendaraan tersebut di rawat tidak, dengan mendeteksinya dengan oli.

Nah, poin diatas merupakan ciri – ciri memilih mobil bekas matic yang bagus dan berkualitas. Meskipun pada dasarnya ciri – ciri yang paling penting adalah eksterior –  interior – mesin – dan kenyamanan saat berkendara. Ok , guys . setelah melewati ciri – ciri di atas , kita lanjut ke tips yak, tips membeli mobil matic second, terutama di Showrom.

Tips Membeli Mobil Second Matic Di Showroom

  • Mengecek oli matic

Pastikan kalian mengecek oli maticnya, kualitas oli matic dapat dideteksi dengan menyalakan kendaraan , biarkan hingga mesin menjadi panas. Kemudian posisikan dua transmisi pada kondisi normal ( N ) . Perhatikan ketinggian dan warna oli maticnya , apakah sesua dengan spesifikasinya. Warna olinya merah segar , keruh , atau hitam. Jika sudah menghitam kemungkinan oli sudah jarang diganti.

  • Mengecek Body Transmisi

Cek lah body transmisi, dengan memperhatikan apakah body transmisi sudah bercampur oli dan debu tidak. Jika iya, carilah asal rembasan tersebut, jika berasal dari body mobil sebaiknya kalian hindari membeli mobil ini.

  • Memperhatikan Suara Mesin

Dengarkan bunyi atau suara saat mobil sedang hidup dan geser dua transmisi pada R, D atau yang lainnya. Patikan tidak ada suara – suara aneh disaat tersebut.

  • Memeriksa Lampu Indikator

Periksa lampu indikator, dan pastikanlampu ovedrive menyala, saat tombol od dinyalakan. Pastikan pula semua lampu di mobil menyala dengan baik.

  • Mengecek Kondisi Mesin dan Kelistrikan

Cek kondisi mobil, dengan tidak membeli mobil  dengan kondisi teknologi lama, karena kalian akan kesusahan jika terjadi kerusakan, dan diwajibkan mengganti sperpartsnya.

  • Tes Kelayakan Jalan / Uji Drive

Dengan uji drive atau uji kelayakan jalan. Maka kalian bisa merasakan jika ada sesuatu  keanehan atau tidak kenyamanan pada saat mengendarai.

  • Kelengkapan Surat – Surat

Terakhir adalah melengkapi surat – surat .Hal ini sangat diperlukan , sebab sebagai surat jalan nantinya. Saat terjadi apa – apa, baik razia ataupun hal lain yang berkaitan dengan surat menyurat, maka surat menyurat tersebut sangat diperlukan. Setiap akan melakukan pembelian, perhatiakan keaslian STNK dan BPKB, agar hal tersebut sebagai bukti , bahwa bukan barang curian. Karena sekarang marak pencurian sepeda mobil.

tips beli mobil bekas second

Demikian beberapa ciri – ciri dantips membeli mobil bekasmatic di Showroom. Ingat ya guys, cari barangnya , uji kelayakannya, dan nikmati sensasinya. Meskipun kondisi sudah di pakai, tak masalah asalkan kondisi masih layak dan bagus untuk di gunakan kembali.