Peredam Suara Mobil Terbaik, Review dan Harga Terbaru

Peredam suara mobil. Mobil merupakan kendaraan pribadi yang memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi. Alat transportasi ini memberikan fasilitas yang baik untuk Anda gunakan. Pengguna mobil selalu memimpikan mobil dengan interior yang bersih, aman dan nyaman. Salah satu yang dibutuhkan untuk mobil adalah peredam suara.

Peredam suara dalam mobil memili peran yang cukup penting. Seperti yang telah diketahui, bahwa kondisi lalu lintas cenderung padat ramai dan terlalu bising. Tentunya Anda ingin mempunyai mobil agar tidak merasakan kebisingan yang terjadi di lalu lintas.

Selain hal diatas, mobil juga menimbulkan suara getaran yang cukup mengganggu telinga Anda. Ditambah lagi ketika cuaca tidak mendukung seperti hujan. Guyuran hujan yang terjadi juga akan membuat bising lingkungan sekitar mobil Anda. Bagaimana? Penting bukan peradam suara untuk mobil.

Kebanyakan peredam suara mobil memiliki prinsip kerja yang sama. Material yang digunakan dalam membuat peredam suara harus mampu mengurangi kebisingan yang ditimbulkan dari gelombang suara.

Bahan material untuk peredam suara mobil terbaik umumnya menggunakan material adalah aspal, foam dan buty rubber. Ketiga jenis material tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Kelebihan dan Keuntungan Peredam Suara Mobil Berdasarkan Bahan Material yang Digunakan

Peredam Suara Mobil Berbahan Aspal.

Bahan ini mempunyai tingkat peredaman suara yaang baik dan memiliki harganya masih terjangkau. Biasanya pilihan ketebalan yang digunakan tersedia banyak. Pemasangan dalam mobil pun mudah. Aspal merupakan bahan yang tahan terhadap air atau cairan lainnya( tahan basah). Namun, berat dari material ini cenderung besar dibandingkan material lainnya.

Peredam Suara Mobil Berbahan Foam

Sama seperti bahan aspal, material ini memiliki variasi ketebalan yang banyak dan harganya murah. Berbeda dari berbahan material aspal, peredam suara mobil berbahan material foam jauh lebih ringan. Namun, karakteristik foam yang kurang rapat membuat tingkat peredaman tidak sebaik berbahan aspal. Selain itu, pemasangan dalam mobil cenderung rumit. Pasalnya lem yang digunakan untuk peredam suara cenderung rapuh dan kurang kuat atau kurang melekat. Foam memiliki kecenderungan tidak tahan basah.

Peredam Suara Mobil Berbahan Butyl Rubber

Dibandingkan dari kedua bahan sebelumnya, peredam suara berbahan butyl rubber memiliki peredaman dengan tingkatan paling baik. Meskipun lebih berat dibandingkan dengan yang berbahan foam, namun butyl rubber jauh lebih ringan dibandingkan aspal. Pemasangannya juga mudah. Dengan kelebihan yang demikian, tidak heran harga karpet peredam suara dari butyl rubber relatif tinggi.

Review Merk Beberapa Peredam Suara Mobil

Salah satu merk terkenal untuk peredam suara mobil adalah merk Automat. Produk ini memiliki ketebalan yang cukup tipid dan cenderung fleksibel. Lembaran karpet yang dijual termasuk mudah untuk dipotong dan dibentuk sesuai dengan bentuk kabin yang akan ditempelkan. Selain itu, produk Automat memiliki elastisitas yang tinggi, sehingga tidak kaku. Biaya yang dibutuhkan untuk membelinya cukup terjangkau.

Jika Anda mempunyai dana yang cukup tinggi, Anda dapat memilih merk Dynamat. Produk ini mempunyai tingkat peredaman yang lebih baik dibandingkan merk sebelumnya. Tak heran jika harga karpet peredam suara ini lebih mahal.

Apabila Anda mempunyai dana terbatas, sedangkan Anda butuh lembaran karpet yang cukup banyak. Maka, Anda dapat memilih lembaran karpet berbahan aspal dari merk Wurth. Ukuran produk ini cenderung lebar dan cukup tebal. Namun, karena harganya yang murah, merk ini kurang fleksible dan sulit dibentuk.

Cara Pemasangan Peredam Suara Mobil

Pemasangan peredam suara mobil sebenarnya dapat dilakukan di bengkel yang menyediakan layanan pemasangan ini. Namun, hal ini tentu akan menambah biaya yang Anda keluarkan. Selain itu, pemasangan di bengkel butuh pengawasan sendiri dari Anda, agar pemasangan sesuai dengan keinginan Anda.

Jika dana Anda terbatas, Anda tak perlu khawatir. Pemasangan peredam suara dapat dilakukan oleh Anda sendiri. Cara pasang peredam mobil sendiri adalah dengan cara sebagai berikut :

Pertama , tentukan apakah pemasangan peredam akan diaplikasikan keseluruh badan mobil atau hanya diaplikasikan pada area tertentu. Hal ini tentunya tergantung dengan dana yang Anda miliki.

Jika tidak mencukupi untuk keseluruhan badan mobil, maka Anda perlu menentukan area mana saja yang ingin dilapisi karpet peredam suara mobil. Berbagai area yang mungkin perlu Anda lapisi adalah pintu, lantai kabin, plafon, ruang roda, dan firewall.

Setelah area yang akan dilapisi telah ditentukan. Anda mulai memilih jenis peredam yang digunakan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan lupa juga memilih merk peredam suara yang tepat dengan kantong Anda.

Langkah selanjutnya, Anda perlu memperhatikan secara khusus ketebalan karpet yang digunakan. Ingat, Anda harus menghindari penggunaan karpet yang terlalu tebal dan berat. Hal ini menjadikan mobil Anda memiliki tambahan bobot yang cukup besar. Akibatnya kebutuhan BBM akan meningkat.

Terakhir , potong lembaran sesuai dengan bentuk bagian yang akan ditempel. Anda perlu mencermati secara detail, agar peredam suara mobil yang ditempel tidak merusak bagian mobil Anda.