Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan / Ketika Macet

Cara Mengendarai Mobil Matic.Transprtasi darat selalu mengalami perkembangan tiap tahunnya, salah satunya pada mobil. Jika dulu mobil hanya ada jenis mobil menggunakan perpindahan gigi secara manual, maka sekarang masuk pada zaman mobil matic. Sistem mobi matic adalah menggunakan perpindahan gigi secara otomatis.

Meskipun harganya lebih mahal, mobil matic akhir-akhir ini mempunyai banyak peminat. Pengguna mobil matic kebanyakan merasa bahwa mobil jenis ini dapat dioperasikan jauh lebih mudah dibandingkan mobil manual. Tak heran, penggunanya kebanyakan berasal dari kalangan wanita.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli jenis mobil ini. Alangkah bijaknya Anda mengetahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan yang dimiliki mobil matic. Selain itu, karena sistemnya berbeda dengan mobil manual, Anda semestinya perlu mengetahui cara mengendarai mobil matic.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kenyamanan mobil matic tidak dapat dipungikir lagi. Seperti yang telah dijelaskan diawal. Mobil ini cenderung lebih mudah pengoperasiannya dibandingkan mobil manual. Bayangkan, Anda tinggal menginjak gas tanpa memainkan perpindahan gigi.

Selain itu, karena tak harus menginjak kopling, mobil matic dirasa lebih membutuhkan tenaga yang sedikit. Oleh karenanya, pengendara tidak akan cepat lelah. Bagi Anda yang tinggal didaerah perkotaan, maka memilih jenis mobil ini merupakan hal yang tepat. Pasalnya, mobil ini cocok untuk kondisi dengan jalanan yang padat atau macet.

Namun, dibalik kelebihannya, mobil matic memiliki kekurangan. Salah satunya adalah harganya yang mahal. Tak hanya itu, perawatan yang diperlukan untuk jenis mobil ini juga terbilang besar. Hal ini karena membutuhkan teknis khusus, sehingga jasa service mobil matic cukup terbatas. Selain itu, karena mobil ini tidak dapat mengatur putaran mesin, maka bahan bakar yang dibutuhkan banyak, alias boros. Akselerasi mobil lebih buruk daripada mobil manual.

Cara Mengendarai Mobil Matic Dengan Benar

Berikut cara mengendarai mobil matic yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, sebelum Anda menyalakan mesin mobil. Bijaknya Anda harus mengetahui dan memahami berbagai komponen yang ada dalam mobil beserta fungsinya. Tak hanya mengerti, Anda juga harus hafal posisi komponen tersebut. Sehingga hal ini akan melancarkan Anda nantinya dalam mengemudi.

Langkah selanjutnya, perhatikan bagaimana cara memegang setir mobil. Penting dilakukan agar Anda tidak terlihat kagok dan mampu lebih rileks dalam mengemudi. Ketenangan merupakan salah satu mental yang perlu disiapkan. Perasaan yang kurang tenang atau cenderung takut akan mensugesti Anda dengan kejadian-kejadian negatif, seperti kecelakaan.

Jika Anda sudah siap, saatnya menyalakan mesin mobil matic Anda. Untuk mobil matic, mesin dapat dinyalakan ketika tuas mobil berada pada posisi parkir (P) atau normal (N). Ketika mesin menyala, diamkan untuk beberapa saat, agar mesin panas. Hal ini dilakukan karena transmisi dapat berjalan otomatis pada suhu tertentu saja.

Setelah memastikan kondisi suhu cukup memungkinkan , maka selanjutnya Anda injak rem secara penuh. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan pada mesin.

Sebelum menginjak gas untuk berjalan. Anda perlu mengetahui berbagai simbol yang ada pada tuas mobil. D untuk jalanan datar. D1 untuk jalanan dengan tanjakan yang cukup terjal. D3 untuk jalanan memiliki tingkat kecuraman menengah. D2 untuk jalanan dengan tanjakan lebih curam lagi.

Cara mengendarai mobil matic kopling tidak sulit. Mengemudi dimulai dengan posisi tuas pada Driver (D). Pada posisi tersebut, Anda dapat menjalankan mobil dengan arah maju. Sebaliknya untuk arah mudur, maka posisi tuas berada pada R.

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa mobil ini cocok digunakan dalam kondisi macet. Pernyataan tersebut karena adanya sistem pengoperasian ekonomis. Mode ekonomis dapat Anda nyalakan ketika dalam keadaan lalu lintas macet. Mode ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar Anda.

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika mengendarai mobil dalam jalanan yang menanjak. Apalagi jika jalanan pada kondisi padat atau macet. Mobil matic tidak mempunyai gigi persnelling, maka untuk menanjak perlu keahlian khusus untuk dipelajari.

Cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet adalah dengan mengubahnya ke transmisi D2. Namun, ketika jalanan dinilai memiliki kecuraman yang tinggi, maka Anda harus mengkondisikannya pada transmisi L. Kondisi ini akan memudahkan Anda dalam mengatasi tanjakan dan tidak macet ditengan jalan.

Selain menanjak, Anda juga  perlu mengetahui cara ketika mobil dalam jalanan menurun. Seperti yang dilakukan saat menanjak, pada posisi menurun tuas mobil juga sebaiknya berada pada posisi L.

Meskipun didesain untuk otomatis, mobil matic juga dapat dijalankan secara manual. Cara mengendarai mobil matic manual adalah dengan mengaturnya pada mode pengoperasian manual. Pada mobil matic ada tuas dengan simbol M(Manual), hal itu dapat diartikan bahwa mobil dijalankan secara manual. Mode ini digunakan ketika Anda ingin mempercepat laju mobil Anda dengan kecepatan yang tidak menentu. Mode matic manual juga cocok dioperasikan ketika mobil Anda dalam keadaan berhenti.